17 Aplikasi yang terinfeksi Malware Joker, Segera hapus!

HAFINAFATEKNO - Kali ini perangkat Android kembali mendapat ancaman. Kali ini, ditemukan malware bernama Joker kembali ditemukan bersarang di sejumlah aplikasi yang ada di Google Play Store. Aplikasi - aplikasi tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan dari Zscaller dan diketahui telah terinfeksi malware joker atau Bread. Mulai dari aplikasi pesan, foto, hingga emoticon. Jika sudah terlanjur download segera dihapus. 

Menurut peneliti, malware joker tersebut dapat menyusup ke dalam perangkat dan mengintip pesan, daftar kontak, hingga informasi perangkat korban. Bahkan, malware tersebut juga secara diam-diam mendaftarkan korban ke layanan WAP (wireless application protocol) premium.

"Spyware ini dirancang untuk mencuri isi SMS, daftar kontak, dan informasi lainnya secara diam-diam," ujar perwakilan Zscaler, Viral Gandhi dalam keterangannya, yang telah dikutip HAFINAFATekno dari Kompas.com. 

Ke-17 aplikasi tersebut diunggah ke Play Store pada bulan ini dan untungnya belum memakan banyak korban. Sebelum berhasil terdeteksi, ke-17 aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak 120.000 kali. 

Berikut daftar aplikasi yang dihapus Google karena terinfeksi malware joker :
- All Good PDF Scanner

- Blue Scanner

- Unique Keyboard - Fancy Fonts & Free Emoticons

- Mint Leaf Message - Your Private Message

- Tangram App Lock

- Direct Messenger

- Private Messenger

- Private SMS
- One Sentence Translator - Multifunctional Translator

- Style Photo Collage

- Meticulous Scanner

- Desire Translate

- Talent Photo Editor - Blur focus

- Care Message

- Part Message

- Paper Doc Scanner

- Hummingbird PDF Converter - Photo to PDF

Tim keamanan Google telah menghapus semua aplikasi yang disusupi oleh malware joker dari Play Store. Joker merupakan tipe malware yang biasa digunakan untuk menguras isi dompet korban. Malware tersebut membuat korban berlangganan layanan premium tanpa disadari oleh korban.

Ini bukan pertama kalinya joker ditemukan pada aplikasi di Google Play Store. Pada awal september lalu, Google juga sempat menghapus sebanyak enam aplikasi yang diketahui mengandung malware joker. 

Nah, jika kamu telah terlanjur mengunduh aplikasi yang tercantum pada daftar diatas, sebaiknya segera untuk menghapus aplikasi tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

XL meluncurkan Provider Live.On | Menawarkan pilihan Paket Data Besar tidak ribet

XL meluncurkan Paket Pascabayar unlimited untuk mendukung WFH

Blibli langganan | Fitur baru dari blibli untuk berhemat